-->

Robot Ini Lebih Cepat Dari Usain Bolt

Sebuah robot yang dirancang di Korea Selatan dapat berjalan lebih cepat dari Usain Bolt. Bukan hanya itu saja, robot ini bahkan mampu menghindari beberapa rintangan saat sesi pengujian.

Robot ini dikenal dengan sebutan "Raptor", sebuah robot berkaki dua yang diciptakan oleh para ilmuwan dari Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) di Korea Selatan. Robot ini terbuat dari bahan ringan khusus yang hanya memiliki berat sekitar 12 kg.

Terinspirasi dari bentuk kerangka dari dinosaurus Velociraptor, memungkinkan bagi Robot Raptor untuk mencapai kecepatan hingga 28.58 mph. Kecepatan yang diraih Raptor ini telah melewati kecepatan dari seorang pelari tercepat dunia asal Jamaika saat ini yaitu Usain Bolt, yang hanya mampu mencatatkan waktu kecepatannya hingga 27.44 mph.

Ragam
Raptor Robot by KAIST.
Untuk Saat ini, desain Raptor hanya memungkinkan untuk berjalan di lintasan treadmill. Namun, Tim KAIST berencana untuk mendesain ulang bagian-bagian dari robot agar lebih memungkinkan lagi untuk berjalan pada permukaan lainnya.

Perlu diketahui bahwa pemegang rekor untuk robot tercepat di dunia saat ini adalah robot berkaki empat yang dikenal dengan sebutan "Cheetah" dari Tim Boston Dynamics. Robot Cheetah ini memiliki kemampuan berlari pada kecepatan 29 mph.

Meski tidak menjadi robot tercepat di dunia, namun Tim KAIST mengaku bangga dan senang dengan robot hasil ciptaanya ini. Mereka menganggap apa yang telah mereka lakukan selama ini tidak sia-sia. Tim KAIST juga menjelaskan bahwa mereka akan terus melakukan penyempurnaan-penyempurnaan pada semua perangkat robot agar di masa yang akan datang mampu menjadi sebuah robot seperti apa yang diharapkan.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyaksikan video di bawah ini tentang bagaimana pengujian dari Robot Raptor yang dilakukan oleh Tim KAIST:


Journal referensi: MSC Lab, KAIST
Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram