-->

Ditemukan, Monster Laut Berumur 520 Juta Tahun

Ditemukan, Monster Laut Berumur 520 Juta Tahun - Sebuah monster laut yang spektakuler baru-baru ini telah ditemukan di China. Para peneliti mengungkapkan bahwa makhluk raksasa laut ini berumur 520 juta tahun, dimana ia pernah hidup di laut selama periode Kambrium.

Seperti yang dilansir oleh Live Science, makhluk ini merupakan salah satu dari predator pertama yang memakai mata majemuk, pelindung tubuh, dan dua cakar runcing untuk memburu atau mencari mangsa. Fosil dari spesies baru yang diawetkan dengan baik oleh alam ini membuat sistem saraf dan bagian otaknya masih jelas.

Ledakan Kambrium berlangsung antara 543 juta dan 493 juta tahun yang lalu, dimana sebagian besar kehidupan menyerupai ganggang sederhana dan makhluk jellyfishlike stasioner. Tetapi, selama ledakan Kambrium, periode evolusi berubah dengan cepat ketika keanekaragaman hayati mengalami ledakan populasi, makhluk laut dengan mata majemuk, kaki bersendi dan exoskeletons keras muncul.

Ragam
Credit: Peiyun Cong
Periode ini juga terlihat dengan munculnya kelompok udang yang dikenal sebagai anomalocaridids. Monster ini adalah predator atas laut Kambrium, memakai pelindung tubuh dan mulut berbentuk kerucut. Beberapa yang terbesar dari makhluk ini bisa tumbuh sampai 6 kaki (1,8 meter).

seorang peneliti dari Universitas Yunnan di Cina, Peiyun Cong, menjelaskan bahwa, kebanyakan spesimen paleontologi anomalocaridid ditemukan dalam kondisi buruk, sehingga sulit untuk tahu persis memgenai kehidupan mereka.

Para ilmuwan berpikir bahwa anomalocaridid milik kelompok yang memisahkan diri sebelum nenek moyang terbaru dari semua arthropoda yang hidup. Sementara yang lain berpikir bahwa hewan tersebut adalah bagian dari kelompok yang disebut 'chelicerates' yang meliputi laba-laba dan kalajengking.

"Tiga spesimen yang diketahui ini dapat mewakili tahapan yang belum matang dari hewan, jadi mungkin akan lebih besar", tulis Cong kepada Live Science.

Ragam
Credit: Nicholas Strausfeld
Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti menggali tiga spesimen spektakuler yang diawetkan dan juga spesies anomalocaridid baru dalam sedimen fosil di Cina. Sedimen ini begitu sempurna hingga sistem saraf, usus dan beberapa otot masih terlihat.

"Berdasarkan pada otak, makhluk ini memiliki beberapa karakteristik fitur yang ditemukan di chelicerates, dan kesamaan dengan kelompok yang dikenal sebagai cacing beludru", kata Cong.

Makhluk yang dijuluki 'Lyrarapax unguispinus' berukuran sekitar 6 inci (15 cm). L. unguispinus memiliki ekor yang tampak sedikit seperti lobster dan dua penjepit raksasa untuk menangkap mangsa.

"Namun, hasilnya tidak bisa menentukan dimana letak hilangnya pohon kehidupan monster laut kuno ini. Tetapi, tidak peduli pada grup apa makhluk ini berasal. Yang jelas, sudah dapat dipastikan bahwa makhluk ini berasal dari era Paleozoic, sekitar 251 juta tahun yang lalu, saat anomalocaridid punah", jelas Cong.
Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram