-->

Kehidupan Extraterrestrial Alien Perlu Lautan

Kehidupan Extraterrestrial Alien Perlu Lautan - Para ilmuwan terus melakukan pencarian sebuah planet dimana bisa ditemukan air dan menjadi tempat tinggal Extraterrestrial (obyek atau sesuatu di luar angkasa). Namun, kehidupan tidak hanya bergantung pada air, namun juga lautan, begitulah pendapat baru para ilmuwan yang dilansir oleh Livescience.

Tim ilmuwan baru-baru ini telah menciptakan komputer simulasi dari sirkulasi laut di planet yang menyerupai bumi. Hasil penemuan terbaru ini menunjukkan bahwa, laut memegang peranan penting dalam menciptakan habitat dan klimasi yang stabil, demikian hasil penelitian yang dipublikasi oleh Jurnal Astrobiologi.

"Sejumlah planet telah ditemukan di luar sistem solar kita dan jumlahnya terus bertambah", ungkap David Stevans, seorang ahli matematika di The University of East Anglia, Inggris.

Dia juga mengatakan bahwa penemuan ini akan memberikan jawaban apakah planet-planet ini bisa menopang pada kemungkinan adanya kehidupan makhluk selain manusia, seperti alien.

Jumlah habitat yang potensial telah ditemukan di galaksi Milky Way beberapa tahun belakangan ini. Semua itu berkat teleskop milik NASA yang mampu mendeteksi bintang atau planet yang dapat dijadikan tempat tinggal atau hanya sekedar transit.

RagamPara ilmuwan memperhitungkan bahwa satu diantara lima bintang merupakan tempat berlabuh seperti bumi, dan itu disebut sebagai "Zona Goldilocks", zona regional di sekeliling bintang yang hanya ada air.

Para ilmuwan saat ini mengambil langkah lebih lanjut dalam mencari keberadaan air di planet lain, begitu pula dengan kemungkinan adanya tanda-tanda kehidupan alien di planet tersebut.

"Sejumlah air yang banyak memainkan peranan dalam klimasi sebuah planet, dan laut sangat berguna untuk merespon perubahan panas di sistem solar. Mereka membantu memastikan bahwa temperatur berubah di seluruh planet untuk level tertentu", jelas Stevans.

Hasil dari simulasi ini membuat Stevans dan koleganya menciptakan sebuah simulasi dengan planet yang dilapisi oleh laut. Dengan model tersebut, para ilmuwan menginvestigasi bagaimana perubahan rotasi sebuah planet memiliki dampak pada panas terhadap laut.

"Laut memindahkan panas yang ada di seluruh planet dan itu bisa membuat planet layak dihuni. Karena tanpa laut, permukaan akan berubah-ubah", ungkap para ilmuwan.

Para ilmuwan juga menambahkan bahwa, Mars adalah contoh yang baik karena memiliki orbit yang sama yaitu matahari, namun memiliki temperatur 82 derajat celcius. Jadi, laut merupakan model potensial bagi habitat planet alien yang terbukti mampu membuat mereka bertahan hidup.
Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram