-->

Pria Brasil Ini Diklaim Yang Tertua Di Dunia

Avanoustic.net - Pria Brasil Ini Diklaim Yang Tertua Di Dunia - Seorang pria asal Brasil yang pada pekan lalu merayakan hari ulang tahunnya diklaim telah berusia 126 tahun dan dianggap sebagai manusia tertua di dunia yang masih mampu bertahan hidup sampai saat ini. Hal itu diketahui saat ia menerima sertifikat akte kelahiran pada bulan lalu setelah sebelumnya menjalani masa hidupnya tanpa dokumen.

Lahir pada tanggal 7 Juli 1888, Jose Aguinelo dos Santos terlahir hanya berselisih dua bulan setelah sistem perbudakan dihapuskan di Brazil. Namun pada kenyataannya, ia masih tetap hidup bersama keluarganya di sebuah kompleks budak di kota Pedra Branca di negara bagian Ceara, timur laut Brasil, selama bertahun-tahun.

Karena belum pernah menikah atau memiliki anak, Jose menjadi anggota keluarga besar di sebuah panti jompo di Kota Bauru, kota di mana ia telah menghabiskan sisa hidupnya selama bertahun-tahun sebagai seorang pekerja di perkebunan kopi.

Meskipun usianya telah menginjak 126 tahun, namun 'The Supercentenarian' ini masih mampu berjalan tanpa tongkat atau alat bantu lainnya, makan empat kali dalam sehari, dan tidak memiliki masalah pada kesehatannya meski ia adalah seorang perokok aktif yang mampu menghabiskan sebungkus rokok setiap hari selama 50 tahun terakhir.

Ragam
Photo Credit: Matt Roper
"Dia tidak memiliki kolesterol tinggi, diabetes atau tekanan darah tinggi. Satu-satunya obat yang ia ambil adalah vitamin dan tablet untuk meningkatkan nafsu makan, kondisi umum yang dapat juga Anda rasakan saat usia tua", kata Mariana Silva, seorang psikolog dari The Vila Vicentina Home.

"Ketika dia sendiri, dia suka bernyanyi. Namun tak satu pun dari kami yang tahu lagu yang sedang ia nyanyikan, tidak ada orang lain yang ingat atau tahu".

Ketika ditanya tentang rahasia umur panjangnya, Jose mengatakan bahwa tidak ada rahasia sama sekali untuk dapat hidup panjang.

"Yang benar adalah bahwa Anda akan terus mendapatkan usia lebih tua," kata Jose, kepada situs G1 brasil.

"Anda mengambil setiap tahap pada suatu waktu. Jika saya harus berada di usia saat ini, itu karena saya sudah tinggal banyak, itu saja".

Pihak panti jompo tempat Jose tinggal saat ini berharap untuk memberikan bukti yang lebih meyakinkan lagi kepada semua masyarakat dunia melalui sebuah tes 'Carbon-14'.

Jose Roberto Pires, ketua rumah pensiunan, mengatakan bahwa mereka akan bertekad untuk melakukan tes meskipun biaya yang harus mereka keluarkan adalah sekitar 13.000 poundsterling.

"Kami akan berusaha menemukan cara untuk melakukannya tanpa harus membayar, ini sangat penting. Kami percaya bahwa orang tertua di dunia yang masih bertahan hidup saat ini berada di sini bersama kami, dan ini adalah satu-satunya cara agar kita dapat benar-benar membuktikannya", jelas Pires.
Buka Komentar
Template By Muh Akram