logo blog
Propellerads

Tuyul Dan Kisah Mitosnya

Avanoustic - Tuyul merupakan salah satu jenis dari makhluk halus yang keberadaannya begitu populer di masyarakat Indonesia dan Melayu. Tuyul sendiri sering digambarkan sebagai sosok anak kecil yang botak dengan ukuran tubuh yang mungil atau mini seperti kurcaci.

Tuyul dan kisah mitosnya acapkali diidentikkan dengan makhluk astral yang gemar serta pintar dalam mengambil uang milik orang lain. Dengan kepintarannya mencuri tersebut, maka tidak heran jika tuyul seringkali dipelihara untuk keperluan pesugihan.

Banyak sekali mitos tentang tuyul ini, ada yang beranggapan jika tuyul berasal dari janin yang keguguran atau belum sempat lahir ke dunia. Tuyul juga banyak digambarkan sebagai sosok hantu anak kecil dengan kepala botak atau gundul yang juga senang akan bermain. Hal ini dibuktikan oleh beberapa saksi mata yang mengaku sering melihat tuyul bermain pada tengah malam.

Hantu, Urban Legends
Di dunia hiburan atau perfilman, tuyul juga seringkali menjadi salah satu karakter utama pada sebuah film. Banyak sekali film film yang menjadikan tuyul sebagai salah satu karakter di dalamnya.

Sedangkan di dunia nyata sendiri, ada beberapa praktisi supranatural yang mengklaim mampu menangkap tuyul hingga kemudian dimasukkan ke dalam botol. Kejadian penangkapan tuyul sudah banyak terjadi dimana-mana, namun benar atau tidaknya, semuanya tergantung pada kepercayaan kita.

Cara menangkap tuyul

Ada banyak kabar yang beredar mengenai bagaimana cara menangkap tuyul, dan beberapa orang mengatakan bahwa tuyul memang bisa ditangkap. Konon kabarnya, cara menangkap tuyul bisa dilakukan dengan berbagai macam cara yang cukup sederhana.

Seperti halnya dengan menyediakan mereka berbagai jenis mainan, yang tentunya akan mampu membuat mereka merasa tertarik. Ada juga yang mengatakan dengan memasukkan yuyu atau kepiting sawah ke dalam baskom yang telah berisi air.

Menggunakan baskom dengan yuyu atau kepiting sawah

Menggunakan baskom dengan kepiting sawah merupakan salah satu cara yang dipercaya bisa menangkap tuyul. Ketika baskom dengan isi yuyu telah siap digunakan, maka kita bisa meletakkannya pada tempat yang strategis dimana seringkali area tersebut dilewati oleh tuyul.

Hantu, Urban Legends
Photo credit: tribunews
Dengan penempatan yang strategi, maka tuyul tersebut bisa dengan mudah mengetahui keberadaan kepiting sawah yang kita gunakan sebagai umpan. Tuyul merupakan salah satu jenis makhluk halus tak kasat mata yang gemar bermain, dan dengan melihat yuyu tentu akan membuat mereka merasa senang lalu melupakan pekerjaan mencuri uang dan lebih memilih bermain dengan kepiting sawah.

Banyak rumor beredar yang mengatakan bahwa, tuyul yang bermain dengan yuyu bisa memakan waktu yang cukup lama, bahkan karena asyiknya, mereka bisa bermain hingga keesokan pagi harinya.

Menggunakan cermin

Cermin kabarnya merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menangkap tuyul. Banyak yang mengatakan jika tuyul bukan hanya senang bermain, namun mereka juga senang akan bercermin.

Cerita yang telah banyak berkembang mengatakan bahwa, tuyul merasa penasaran akan bagian kepalanya yang botak, sehingga ketika melihat cermin, mereka akan memandangi bagian kepala mereka tersebut seraya mengusap-usapnya.
loading...
Dapatkan update artikel terbaru secara langsung dari Avanoustic.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar Anda dan patuhilah peraturan berkomentar di blog ini:

- Berkomentarlah sesuai dengan relevansi
- Link hidup, promo dan spam otomatis akan dihapus
- Dilarang sesuatu hal yang mengandung unsur SARA

Copyright © 2015. Avanoustic - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger