-->

Alien Mungkin Ada, Tapi Terlalu Jauh Dikontak

Avanoustic.net - Jarak yang jauh antara planet layak huni bisa membuat komunikasi dengan kehidupan asing mungkin sulit untuk dilakukan.

Menurut Discovery News, selama bertahun-tahun, SETI telah menjelajahi langit untuk sebuah tanda-tanda sinyal radio dari ras luar angkasa yang cerdas, meskipun upaya terbaik yang ada masih belum menunjukkan hasil bahwa ada makhluk lain di luar sana.

Mengingat bahwa bagaimanapun juga, galaksi kita mencakup lebih dari 100.000 tahun cahaya. Dapat dikatakan bahwa, kemungkinan akan adanya suatu peradaban cerdas lainnya yang cukup dekat dengan kita tetap ada, namun hal itu masih sulit untuk dijangkau. Bahkan, menerima sinyal dari bintang tetangga terdekat kita, Alpha Centauri, membutuhkan waktu setidaknya empat tahun.

Kemajuan terbaru dalam perburuan planet saat ini telah menunjukkan suatu gambaran bahwa, diperkirakan ada 40 miliar planet yang layak huni di galaksi kita, tapi itu tidak membantu jika jarak antara mereka terlalu jauh.

Alien
Photo: The SETI Institute's Allen Telescope Array (ATA)
"Rata-rata, Anda akan mengharapkan peradaban dipisahkan oleh setidaknya 1.000 tahun cahaya di galaksi Bima Sakti", kata astronom Michael Garrett.

"Itu jarak yang jauh, dan untuk tujuan komunikasi, Anda perlu kemungkinan menempuh dua kali jarak perjalanan, sehingga Anda berbicara tentang peradaban yang harus berada di sekitar untuk setidaknya beberapa ribu tahun lagi untuk memiliki kesempatan berbicara satu sama lain".

Ada juga kemungkinan bahwa, gelombang radio yang terbatas pada kecepatan cahaya, mungkin tidak cocok untuk komunikasi jarak jauh. Dan bahwa ras alien cukup maju, mungkin karena menggunakan beberapa sistem komunikasi canggih lainnya yang kita bahkan belum temukan atau belum mampu menciptakannya.

Menangkap sinyal radio peradaban alien mungkin sebenarnya seperti menemukan jarum di tumpukan jerami, dengan ruang waktu yang sangat terbatas, peluang dan kesempatan ini mungkin bisa menjadi sebuah perhitungan yang rendah.
Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram