-->

Tips Cara Perbaiki Printer Canon Rumah Cartridge (Carriage) Nabrak ke Kanan dan Kiran dengan Cepat dan Keras

Bismillah, As-salamu'alaikum. Selamat malam sahabat Blog Dokter Printer dimanapun anda berada. Pada kesempatan malam hari ini seperti biasanya untuk mengisi waktu longgar dan menyalurkan hoby, saya akan mencoba berbagi pengalaman tentang service printer canon dengan keluhan pergerakan rumah katrid nabrak ke kanan dan ke kiri dengan cepat dan keras. Semoga apa yang saya tuliskan di artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung blog ini.

Printer canon adalah salah satu merk printer terkenal dan sudah tidak asing lagi di telingan kita. Di era tahun 2005 sampai akhir tahun 2015 printer ini paling banyak diminati oleh banyak kalangan. Baik bawah menengah dan atas.



Printer canon banyak diminati karena menawarkan harga yang relatif terjangkau dengan proses cetak yang lumayan cepat dan hasil cetak yang bagus. Akan tetapi printer canon ini memiliki kelemahan yang menonjol yaitu di hasil cetak garis yang selalu tidak sempurna atau tidak lurus.

Namun yang akan menjadi pembahasan pada tulisan saya malam ini adalah tentang bagiamana cara mengatasi printer canon rumah katrid nabrak dengan gerakan yang cepat dan keras/kasar. Yang pasti pergerakannya aneh dan tidak wajar.

Jika anda yang sedang membaca artikel saya ini adalah penggemar atau pengguna dari printer canon dan saat ini anda sedang mencari-cari bagaimana cara mengatasi masalah rumah katrid bergerak kasar dengan nabrak ke kanan dan kiri, maka saya ucapkan selamat anda telah berkunjung ke tempat yang tepat.

Kenapa kakak? karena di blog ini yaitu blog dokter printer saya akan berbagi pengalaman tentang cara mengatasinya dan terbukti cara yang saya praktekkan berhasil dengan hasil yang maksimal. Pastinya anda ingin tahu bagaimana cara mengatasinya bukan? So, baca artikel saya ini sampai akhir ya brader...


Untuk masalah Rumah Cartridge pada printer canon dan printer-printer merk lainya bergerak tidak wajar, kasar dan nabrak-nabrak ke kanan dan kiri dengan cepat di sebabkan oleh dua faktor :
  1. Sensor Encoder Rusak atau lepas dari sensor pembaca.
  2. Sensor Pembaca yang ada di Rumah Cartridge (Carriage) Rusak.
Setelah kita mengetahui penyebabnya maka langkah untuk memperbaiki printer canon rumah katrid bergerak kasar atau nabrak yaitu dengan mengecek sensor Encoder atau sensor plastik terlebih dahulu. Jika sensor ini rusak atau cacat maka silahkan ganti dengan yang baru atau 2nd tapi yang masih bagus.

Kemudian jika kita cek kondisi sensor ini bagus dengan fisik sempurna tidak ada cacat atau sobek maka kita lanjut dengan mengganti sensor pembaca encoder ini. Untuk letak sensor pembaca ini ada di mainboard rumah katrid. Jadi untuk mengganti sensor ini anda harus membongkar rumah katrid.

Di artikel ini saya sertakan contoh video tutorial penggantian sensor pembaca yang letaknya di mainboard rumah katrid. Kebetulan yang saya eksekusi ini adalah printer canon legendaris jadul dengan seri ip1880. Namun cara ini bisa diaplikasikan untuk mengatasi katrid nabrak di printer canon seri lainya seperti canon ip1980, ip2270, ip2870, mp258, mp237, mp287, canon e400, dan sebagainya. 

Untuk Video Tutorial bagaimana cara mengatasi rumah cartridge bergerak ke kanan dan kiri dengan cepat bisa anda lihat di bawah artikel ini. Jika dirasa video bermanfaat disilahkan subscribe, like dan share.


Mungkin sampai disini dulu sahabat tulisan saya di malam hari ini tentang 'Tips Cara Perbaiki Printer Canon Rumah Cartridge (Carriage) Nabrak ke Kanan dan Kiran dengan Cepat dan Keras'. Semoga tulisan yang ringkas dan acak-acakan ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda semua.

Sebelum saya tutup tulisan ini saya memohon maaf jika banyak salah kata atau kata kurang pas dan mohon maklum karena masih dalam taraf belajar juga. Sekian, Was-salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...

Video Tutorial Cara Mengatasi Rumah Cartridge Nabrak dengan cepat dan Keras

Buka Komentar
Template By Muh Akram