-->

Pakaian Selam Robotik Bantu Berburu Komputer Kuno

Avanoustic.net - Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah pakaian selam yang telah diklaim sebagai pakaian selam yang paling canggih di dunia saat ini. Pakaian Selam baru ini dirancang agar para penyelam mampu untuk melakukan tugas-tugas kompleks di bawah air. Rancanagan terbaru kali ini akan digunakan oleh penyelam untuk menemukan sisa-sisa komputer yang pertama di dunia.

Dalam upaya untuk memprediksi posisi astronomi dan gerhana, para ilmuwan Yunani kuno merancang sebuah komputer analog kuno yang disebut dengan mekanisme Antikythera, lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Ini dianggap sebagai komputer pertama kali di dunia pada abad pertama Sebelum Masehi.

Selama eksplorasi sebelumnya pada tahun 1900, 82 fragmen terpisah dari mekanisme itu telah ditemukan dan di angkat dari sebuah kapal karam di lepas pantai Pulau Antikythera, dekat Crete.

Ragam
Setelah melakukan penelitian panjang dengan artefak yang telah ditemukan sebelumnya tersebut membuat The Stephen J Barlow Bluewater Ekspedition sekarang siap untuk melakukan eksplorasi lebih lanjut pada bulan September.

Pada saat eksplorasi pertama yang dilakukan sebelumnya, beberapa penyelam meninggal karena tidak mampu bertahan di bawah kedalaman 120 meter lebih. Belajar dari pengalaman tersebut, maka para ilmuwan membuat sebuah terobosan baru pada pakaian selam.

Pakaian Robotik atau "Exosuit" ini dibuat dari paduan aluminium dan mampu menyediakan 50 jam suplai oksigen nonstop. Pakaian ini juga memiliki pendorong kaki yang dapat dikendalikan. Rancangan pakaian robotik ini dikembangkan dengan memakai sistem yang sangat canggih yang memungkinkan bagi para penyelam untuk bergerak relatif bebas serta dapat digunakan dan mampu bertahan pada kedalaman 305 m (1.000 kaki).

Ragam
Image Credit: CC BY-SA 2.5 Marsyas
Selain itu, pakaian robotik ini dilengkapi juga dengan rangka berbentuk cakar pada bagian tangan. Dengan model seperti itu, pakaian robotik ini dapat dengan mudah melakukan tugas di dasar laut, dan kru yang berada di atas permukaan laut dapat mengambil alih kendali sistem pakaian robotik jika berada pada situasi darurat untuk membawa penyelam dari bahaya di dasar laut.

"Pada dasarnya pakaian robotik ini hampir sama dengan sebuah kapal selam. Tekanan saat di dalam air tidak berbeda jauh dengan berada di kapal selam. Dengan pakaian robotik ini, kita bisa pergi langsung ke dasar laut, menghabiskan lima jam di sana dan langsung kembali ke permukaan tanpa dekompresi", kata Phil Short, seorang ahli dalam penyelaman yang juga ikut ambil bagian dalam penelitian ini.

Tujuan sebenarnya di balik rancangan pakaian robotik ini adalah untuk menyelam di pabrik pengolahan air limbah, New York. Namun, sekarang akan digunakan oleh penyelam untuk menemukan mekanisme Antikythera di Laut Aegean selama ekspedisi arkeologi. Terima Kasih...

Journal referensi: French Tribune and other
Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram