-->

Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama Versi Dokter Printer

Bismillah, As-Salamu'alaikum...
Selamat pagi sahabat Dokter Printer, Pada kesempatan pagi ini dokter printer akan mencoba sharing tentang 'Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama'. Catrid adalah komponen terpenting dari sebuah printer, karena sangat penting-nya komponen ini, maka menjaganya agar tetep awet dan tahan lama adalah sebuah kewajiban bagi pemilik printer. Kalau katrid dari printer kita rusak maka bisa dibilang untuk beaya penggantiannya hampir sama dengan kita membeli sebuah printer baru, benerkan sahabat? yang pernah mengalami katrid rusak pasti mengatakan iya betul bangat tu mas,,,

Landasan penulisan artikel ini adalah dengan adanya pertanyaan dari salah satu pelanggan dokter printer yang mengeluhkan, mas kenapa katrid printer saya ini cepet banget rusak headnya ya, padahal kan baru kemarin belinya, belum ada 2 bulan lho mas. Apa sih mas dokter yang sebenarnya sering bikin katrid kita ini gampang sekali rusak atau aus? Dapatkan jawabannya dan uarain lengkapnya di tulisan berikutnya, jadi terus baca artikel saya ini sampai selesai ya...
Perbedaan Head dan Catridge
Sebelum kita melangkah lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu head dan apa itu cartridge, head berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta, dan katrid adalah wadah atau penampungan dari tinta yang nantinya akan di kirim ke head, kemudian untuk dituliskan dipapan kertas. Printer Merk Hp dan Canon adalah Merk printer yang sering menggabungkan keduanya, yaitu head dan katrid, sedangkan untuk epson seringnya memisahkan antara head dan katrid. bagaimana sudah paham kan sampai disini sahabat? semoga sahabat semua faham dengan apa yang sudah saya jelaskan. Kalau sudah kita lanjutkan membacanya ya...

Cara Kerja Head Catrid menurut definisi Dokter Printer
Untuk cara kerjanya yaitu, ketika sebuah printer diperintahkan untuk mencetak sebuah file dokumen atau gambar, maka perintah ini akan diolah oleh mainboard, dan dari board printer akan mengirim perintah ke head untuk kemudian dilakukan pencetakan. Head Printer biasnya akan mempunyai fungsi mengatur filamen pemanas yang ada didalamnya, untuk kemudian mengatur tinta mana yang harus dikeluarkan untuk sebuah pencetakan gambar atau tulisan, jadi cara kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer/cair dan mudah untuk disemprotkan keluar melalui lubang yang sangat kecil atau disebut dengan istilah nozzle. Pemanasan yang berlebihan akan membuat katrid printer cepet panas, maka dalam hal ini tinta juga berfungsi sebagai pendingin, ibarat kendaraan tinta adalah diibaratkan 'OLI' buat motor atau mobil kita, maka dengan itu saya sarankan jangan pernah biarkan catrid printer sahabat terlalu lama dalam kondisi kosong atau kehabisan suply tinta. Hal ini bisa merusak head cartridge.

Kenapa Catridge Warna Printer sering sekali Rusak
Berdasarkan survai, pengamatan dan pengalaman saya dalam reparasi printer, katrid warna adalah catrid yang paling sering sekali rusak, kenapa? berikut dibawah ini adalah penjelasannya :
  1. Untuk yang pertama, karena Printer jarang kepakai. Sesuai pengamatan saya sebagian dari pengguna printer dan bisa saya katakan hampir 80% sering sekali menggunakan cartridge warna hanya ketika mereka mencetak gambar atau foto saja selebihnya tidak dipakai sama sekali. Kalau demikian keadaannya maka hed katrid tersebut akan kering dan kalau hal ini sudah terjadi dalam rentang waktu yang lama maka akan membuat head cartridge jadi buntu dan rusak.
  2. Tinta warna kehabisan dan tidak dilakukan pengisian dengan segera.
Tips agar Head Catridge Awet,  Tahan lama dan Tidak Mudah Rusak
  1. Tips yang pertama, Jangan atau hindari mencetak dalam jumlah banyak dalam satu kali sesi pencetakkan. Beri jeda waktu printer untuk bisa istirahat beberapa menit, misal 15 lembar 2 menit kemudian baru print lagi.
  2. Kemudian, Jangan biarkan cartridge kosong dalam jangka waktu yang lama, isi tinta katrid segera sebelum habis.
  3. Tips selanjutnya Usahakan untuk menggunakan satu jenis atau merk tinta, jangan ganti-ganti merk tinta, karena tingkat keenceran masing-masing merk tinta berbeda-beda sehingga berpengaruh dengan head katrid kita.
  4. Kemudian gunakan printer secara rutin dan berkala, misal satu minggu dipakai mencetak 2 kali walau cuma sekeder test print untuk menjaga agar haed katrid basah dan tidak kering.
  5. Untuk Printer yang memakai modifikasi infus, maka pastikan tinta dari tabung mengalir dengan lancar menuju head katrid.
  6. Jangan mengisi tinta berlebih karena akan mengakibatkan tekanan udara terlalu besar sehingga katrid blobor dan hasil tidak akan keluar karena tidak bisa dikontrol oleh head katrid.
Demikianlah tulisan saya di pagi hari ini tentang 'Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama Versi Dokter Printer'. Semoga apa yang telah saya tulis ini mudah dimengerti, difahami dan akhirnya mudah dalam prakteknya.

Akhirnya sampai disini dulu pertemuan kita, kita sambung lagi di kesempatan yang akan datang. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih banyak kepada sahabat yang telah berkunjung di blog ini dan mohon maaf jika banyak salah kata. Akhirnya, Was-Salamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh...

Buka Komentar
Template By Muh Akram